Nuffnang

BIHUN GORENG Daun Saderi


Assalamualaikum semua...

Jom kita bersarapan pagi dengan bihun goreng daun saderi...
Secara tak langsung kita dapat menyihatkan badan dengan khasiat-khasiat yang terkandung dalam sayuran ini ...

Berikut adalah kelebihan dan khasiat yang terkandung dalam Daun Saderi ini yang saya petik dari sumber wakyasatria dan wikipedia.

Sederi mempunyai banyak kandungan gizi antara lain, (per 100 gr): a. kalori sebanyak 20 kalori, b. protein 1 gram c. lemak 0,1 gram d. hidrat arang 4,6 gram e. kalsium 50 mg f. fosfor 40 mg g. besi 1 mg h. Vitamin A 130 SI i. Vitamin B1 0,03 mg j. Vitamin C 11 mg Dan 63% bagian dapat dimakan. Daun seledri juga banyak mengandung apiin, di samping substansi diuretik.

Berdasarkan kandungan-kandungan tersebut, seledri dapat digunakan untuk pencegahan beberapa jenis penyakit, diantaranya

1. Ubat untuk membersihkan ginjal
Pertama, ambil seikat daun seledri dan cuci sampai bersih. Kemudian potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam periuk berisi air. Rebus selama sepuluh minit dan dinginkan. Kemudian saring, masukkan ke dalam botol yang bersih dan masukkan ke dalam peti sejuk untuk simpanan. Minum satu gelas setiap hari dan anda akan melihat bahwa semua garam dan racun yang menumpuk akan keluar melalui air kecili. Anda juga akan merasakan perbezaan dalam tubuh yang belum pernah rasakan sebelumnya. Daun seledri dikenal sebagai bahan pembersih yang terbaik untuk ginjal.

2. Reumatik
Potong 1 genggam daun dan batang seledri kecil-kecil, lalu direbus dalam 2 gelas air sampai susut menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminun sekaligus

3. Mata Kering
Makan daun seledri sebagai ulaman segar bersama-sama dengan nasi. Lakukan tiap hari. Cuci daun seledri, daun bayam dan daun kelor (Moringan oleifera lamk.) masing-masing 1/3 genggam sampai bersih, lalu giling sampai halus. Tambahkan garam dapur seujung sudu teh dan ¾ cawan air masak. Ramas campuran ini sampai rata, kemudian perah dan saring. Minum air perasannya sekaligus, lakukan 3 kali sehari.

4.Tekanan Darah Tinggi
Cuci 100 gr seledri sampai bersih, lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan 1 cawan air, lalu di saring. Selanjutnya panaskan sehingga mendidih. Setelah dingin, bagi untuk 2 kali minum, pagi dan siang hari. Atau cuci 16 batang seledri sampai bersih dan potong-potong secara kasar, dan masukkan ke dalam periuk , tambahkan 2 gelas air bersih lalu rebus sampai airnya menjadi ¾ nya. Setelah dingin, airnya diminum dan seledrinya dimakan. Lakukan 2 kali sehari, masing-masing separuhnya.

5. Bronkitis
Cuci 60 gr seledri segar, 10 gr kulit jeruk mandarin kering dan 25 gr gula aren sampai airnya menjadi separuhnya. Setelah dingin saring dan air saringannya dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari, masing-masing ¾ gelas.

6. Batuk
Cuci 30 gr seledri segar seutuhnya, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam 3 gelas air bersih. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Gunakan ramuan ini untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari.

7. Kolik
Sediakan 60 gr seledri segar , 1 ruas jari tangan jahe merah dan sepotong gula aren. Cuci bahan-bahan tersebut dan potong-potong seperlunya, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus.

8. Sebagai Penyubur Rambut
Cuci 7-10 tangkai daun seledri sampai bersih, lalu tumbuk halus. Setelah dikeramas, gosokan tumbukan daun seledri tersebut ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan. Setelah selesai, bungkus rambut dengan kain selama kurang lebh 1 jam. Selanjutnya, bilas rambut dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

Jom kita semak resepi ...  Untuk 5 orang makan

BAHAN A
Sedikit minyak untuk menumis
6 ulas bawang putih (ditumbuk)
1 sudu makan udang kering (ditumbuk)
1sudu teh lada hitam (ditumbuk)
1 pokok daun saderi dihiris sederhana tebal
1 ketul dada ayam (dipotong kecil)

BAHAN B
1 Lobak Merah (dihiris nipis memanjang)
Air secukup nya sebagai kuah
1 kiub pati Ayam KNOR
sedikit garam

BAHAN C
Bihun (direndam dahulu)
Segenggam taugeh

BAHAN D
Daun bawang
Cili merah
Bawang Goreng

Cara-Cara Memasak:
1. Panaskan minyak dalam kuali dan tumis bahan A. Goreng lama sehingga bawang putih dan daun saderi hampir garing.
2. Masukkan bahan B dan masak sehingga kembali mendidih. Pastikan air lebih kerana bihun ini sedikit berkuah.
3. Masukkan bihun dan biarkan seketika sehingga bihun lembut.
4. Sebelum angkat masukkan taugeh.

* Selamat menjamu selera ..


6 comments:

  1. Wah! Memang banyak khasiat daun saderi ni ye FHA... paling suka bila dikatakan boleh bersihkan ginjal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tu Amie... setiap tumbuhan yg diciptakan oleh NYA ada kelebihan dan khasiat tersendiri. cuma kita tak tahu saja..

      Delete
  2. AssalamualaikumFHA byk khasiat daun saderi ni..tkasih diatas info..

    ReplyDelete
    Replies
    1. W'salam Umie, sama-sama lah kita berkongsi ilmu yang ada untuk kebaikan bersama.

      Delete
  3. Mekacih kongsi infonya... sedap jer tgk bihun tu...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.