DAUN PUDINA .... Khasiat Dan Manafaat

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum dan Salam Sejahtera semua...

Salam berhujung minggu.......

Sebelum masuk ke dapur menyediakan juadah harian apa kata intai-intai sekejap khasiat Daun Pudina.
Ia juga dikenali sebagai Daunt Mint
Awal-awal dulu ketika belum arif akan nama daun ini, saya lebih kenali ia sebagai Daun Ubat Gigi...
hehehe.........

Tanaman ini senang saja tumbuh.
Cucuk ja batang nya In Sya ALLAH tumbuh lah dia

Awal nya saya tanam sepasu sahaja. Beberapa bulan kemudian membiak penuh sampai ketanah.

Jomm...

Sumber : HARIAN SIHAT

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Beberapa manfaat lainnya dari daun mint yang dikumpulkan dari berbagai sumber adalah sebagai berikut :
1. Mengurangi Panas Tubuh
Salahsatu manfaat daun mint adalah dapat mengurangi panas tubuh seseorang, dimana air pada daun mint dapat memberikan pendinginan pada bagian tubuh dan juga meminimalkan dari efek sinar matahari yang terik dalam tubuh seseorang.
2. Menyehatkan Pencernaan Tubuh
Didalam daun mint terdapat antioksidan dan juga fitonutrien yang dapat menyehatkan sistem perncernaan didalam tubuh seseorang.
3. Menyehatkan Gigi dan Mulut
Selain menyehatkan pencernaan daun mint juga dapat menyehatkan gigi dan juga mulut karena daun mint memiliki banyak sifat anti-bakteri dan juga anti-inflamasi. Kedua zat yang ada didalam daun mint ini baik untuk kesehatan mulut dan mencegah dari terjadinya kerusakan pada gigi.
4. Melawan Stres
Karena mint mengeluarkan aroma yang khas dan juga mengandung antioksidan yang kuat didalamnya dipercaya mampu membantu tubuh dalam melawan stres dan juga membuat pikiran menjadi lebih tenang, sehingga pikiran dapat lebih rileks dan terhindar dari stres.
5. Meredakan Batuk
Batuk dan dahak dalam tenggorokan dapat diredakan dengan daun mint karena daun mint memiliki aroma dan kandungan zat lainnya yang bisa membuka rongga pada bagian hidung dan juga dapat melegakan pernapasan.
6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Didalam daun mint terkandung berbagai macam vitamin seperti vitamin C, vitamin B, vitamin D, vitamin E, kalsium dan juga fosfor. Sehingga dengan adanya kandungan berbagai macam vitamin dan mineral ini dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga menjadi lebih baik.
7. Mencegah Kanker
Ternyata dalam sebuah penelitian menemukan bahwa daun mint dapat mencegah penyakit kankerusus besar, selain banyak kansungan vitamin yang ada didalam daun mint, ada juga zat anti-oksidan yang dapat mencegah radikal bebas sehingga pertumbuhan kanker akibat radikal bebas dalam tubuh dapat dicegah.

Manfaat daun mint untuk Kulit

8. Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat
Kandungan vitamin A yang ada dalam daun mint memiliki konsentrasi tinggi, sehingga dapat meningkatkan dan memperkuat jaringan pada bagian-bagian kulit. Selain itu dalam daun mint juga terdapat kandungan asam salisilat sehingga dapat menghilangkan sel kulit mati dan akan membuat kulit menjadi lebih segar dan juga sehat.
9. Mengurangi Alergi
Khasiat Daun Mint lainnya adalah sifat alami yang dimiliki oleh daun ini yakni dapat mengontrol pertumbuhan jamur dan juga bakteri yang ada didalam tubuh. Sehingga dapat mengurangi dari dampak alergi itu sendiri misalnya gatal-gatal. Selain daripada itu daun mint juga aromanya yang khas dapat digunakan untuk mengurangi dari reaksi alergi lainnya seperti kesulitan bernafas.
10. Anti-Inflamasi
Biasanya ketika digigit nyamuk kulit akan merespon dengan meninggalkan warna kemerahan dan juga rasa gatal. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan daun mint dan menggosok kulit sehingga iritasi bisa dicegah dan permukaan kulit menjadi lebih lembut dan rasa gatal tidak mengganggu Anda.
11. Menghilangkan Kutu Rambut
Kutu yang mendiami rambut harus segera dihilangkan karena selain menggangu hal ini merupakan salahsatu hal yang merusak kulit kepala dan meninggalkan bau. Maka dari itu, daun mint bisa digunakan untuk menghilangkan kutu-kutu yang berada pada rambut atau kulit kepala. Cara mengolahnya yaitu pulas kulit kepala dan pijat kemudian perawatan ini bisa dilakukan secara rutin sekitar 3-4 kali dalam seminggu.

Manfaat daun mint untuk wajah

12. Mencerahkan Bekas Jerawat
Salahsatu hal yang cukup mengganggu bagi banyak orang yaitu adanya bekas jerawat baik pada wajah atau pada bagian kulit lainnya. Salahsatu manfaat daun mint yaitu bisa menghilangkan dan mengembalikan kecerahan warna kulit wajah yaitu dengan menggunakan daun mint yang diolah dengan cara di jus. Anda bisa mencampurakan oat dengan jus mint, lalu oleskan pada bagian wajah. Cara ini dipercaya bisa mengikis sel kulit mati yang bisa menyumbat bagian pori-pori.
13. Menghilangkan Komedo
Masalah yang cukup umum terjadi pada wajah yaitu komedo bisa menjadi hal yang cukup mengganggu. Adanya komedo yang bermunculan pada kulit wajah bisa membuat rasa percaya diri berkurang. Daun mint bisa membantu menghilangkannya, caranya cukup mudah yakni dengan meletakan daun mint yang telah dihaluskan pada bagian kulit wajah yang berkomedo, kemudian diamkan 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.
14. Mengobati Jerawat
Jika jerawat tak jua kunjung hilang apabila telah menggunakan berbagai obat, daun mint yang dicampur dengan air mawar bisa digunakan sebagai masker wajah. Setelah digunakan biarkan selama sekitar 20 menit dan setelahnya bisa dibilas menggunakan air sampai benar-benar bersih.

No comments:

Powered by Blogger.